Cengkeh Atasi Infeksi Pernapasan


cengkeh

Cengkeh yang memiliki nama latin syzygium aromaticum adalah tanaman khas indonesia dan memiliki beragam manfaat, tidak hanya sebagai penyedap rasa makanan, juga terkenal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Di Negara eropa, cengkeh banyak digunakan sebagai bumbu untuk masak, khususnya masakan pedas. Sedangkan di Indonesia selain terkenal bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit juga sebagai bahan makanan yang tergolong rempah-rempah, cengkeh juga dipakai sebagai bahan utama pembuatan rokok kretek khas Indonesia.

Cengkeh yang biasanya digunakan sebagai bahan makanan seperti manisan, dan minuman seperti setup. Ternyata bisa digunakan sebagai metode pengobatan secara alami. Cengkeh bisa digunakan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan, seperti batuk ataupun pilek. Cengkeh bekerja sebagai ekspektoran. Dalam kandungan beberapa obat-obatan untuk peredah infeksi saluran pernapasan terdapat kandungan ekspektoran. Dimana dapat mengencerkan lendir yang ada dalam kerongkongan.

Ada beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan sendiri dirumah ketika anda sedang dilanda gangguan infeksi saluran pernapasan. Cengkeh merupakan salah satu bahan dapur yang mudah di peroleh, terlebih Negara kita penghasil rempah-rempah terbesar di dunia, dan salah satunya adalah penghasil cengkeh. Maka dari itu beruntunglah kita memiliki tumbuhan asli yang bisa dimanfaatkan sebagai alternative metode pengobatan secara alami.

Ketika sedang menderita gangguan pernafasan kita sering merasa tersiksa, karena rasanya memang tidak menyenangkan. Dengan memanfaatkan cengkeh, kita dapat meramuh obat-obatan alamiah untuk meredakan gangguan pernapasan kita. Biasanya dengan mencampurkan 3-4 biji cengkeh kedalam minuman hangat kita, bisa air putih hangat, ataupun teh hangat. Namun, lebih berkhasiatnya jika dicampurkan kedalam air putih hangat saja. karena tidak banyak mengandung zat pewarna ataupun pemanis jika dibandingkan dengan teh.

Caranya mudah sekali, siapkan air hangat dan masukan 3-4 biji cengkeh, kemudian tungguh hingga aroma cengkeh berbau. Isaplah aroma cengkeh tersebut karena dapat melancarkan pernapasan, dan meredahkan pilek anda, jika anda menderita pilek. Dan minumlah sehari 2 kali air hangat campuran biji cengkeg tersebut, jika anda menderita batuk. Apabila anda menderita batuk berdahak cengkeh dapat dengan mudah mengeluarkan dahak anda. Karena sifatnya yang bekerja sebagai penghancur lendir.

1 comment :