Beberapa Sebab terjadinya Asam Urat


Fakta sesungguhnya mengatakan bahwa asam urat selalu dihasilkan secara alami oleh tubuh setiap hari, baik tubuh tersebut dalam keadaan sehat ataupun dalam keadaan kurang baik. Yang dapat kita lakukan adalah menjaga kadar asam urat pada tubuh agar tidak terlalu tinggi, seperti mengurangi makanan yang mengandung purin. Purin merupakan dua zat adenin dan guanin yang menjadi penyebab terjadinya asam urat yang tinggi.

Tingkat kadar asam urat maksimum yang di izinkan dari dalam darah seorang pria dewasa adalah 8 mg darah, sedangkan untuk wanita dewasa sekitar 6 mg darah. Jika kadar level dalam darah sudah melebihi tingkat maksimum, maka sudah dipastikan anda mempunyai kadar asam urat yang tidak lagi dalam kondisi normal, atau disebut dengan hiper-uricaemia.

Gejala pembentukan asam urat yang tinggi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya seperti katakteristik genetik atau gangguan proses metabolik pada enzim, penyakit ginjal kronis, terlalu banyak makan daging (domba, sapi, kambing dan ikan), mengkonsumsi makanan kaya akan gula, mengkonsumsi terlalu banyak alkohol terutama bir dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Encok (gout) merupakan dampak dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh, yang disebabkan terjadinya gangguan metabolisme protein. Dalam prosesnya, asam urat yang tidak larut dengan baik dalam darah akan disimpan dalam sendi-sendi kita dalam bentuk kristal monosodium sehingga menyebabkan peradangan. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang terutama pada mereka yang sudah lanjut usia.

Selain itu tingginya kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Ketika jumlah asam urat berlebihan dalam darah, selain disimpan dalam sendi-sendi di tubuh, kelebihan tersebut juga tertanam dalam ginjal, karena 75% dari asam diekskresikan dari tubuh melalui ginjal. Ketika reaksi urine bersifat asam, maka ginjal tidak dapat membuang seluruh asam tersebut melalui urin, sehingga akan mengendap. Itulah mengapa kita disuruh meminum air minimal 4 liter sehari, karena berfungsi untuk membantu ginjal membuang kadar kandungan asam tertanam yang dapat menyebabkan awal terjadinya penyakit batu ginjal.

No comments :

Post a Comment